Sejarah Kebab

Kebab döner (döner kebab dalam Bahasa turki atau biasanya dipanggil kebab, döner, doner, donner, donair) yang secara harfiah bermakna “panggang berpusing” adalah nama digunakan pada sebuah hidangan dibuat dengan isi daging biri-biri (atau kambing), lembu atau ayam. Sesetengah orang telah membandingkan kebab doner dengan shawarma dan gyros, mungkin kerana daging serupa dapat digunakan, tetapi ia sangat berlainan dalam segi kepadatan dan/atau bentuk. Kebab doner biasanya dibalut dalam roti leper jenis tortilla, dan shawarma biasanya dalam pita atau bentuk sandwich. Gyros sentiasa dibalut dalam pita. Perbezaan pada kepadatannya juga amat besar. Gyros hampir selalu mengandungi ramuan sedikit yang sama. Kebab doner dan shawarma pula, boleh diletakkan ramuan salad seperti lobak atau kobis merah dan pudina segar dan juga beberapa sos berkrim ataupun sos panas.

Sejarah

Bentuk asal kebab döner hari ini adalah kebab Oltu. Oltu adalah sebuah pekan dekat Erzurum, Turki. Bentuk asalnya adalah dengan memanggang secara mendatar dan potongannya tebal, setelah memasuki sebuah L bentuk khas shish Oltu bersamaan dengan permukaannya. Pada abad ke-19, bentuk moden telah direka di Bursa. Bentuk asalnya masih dihidangkan di banyak bandaraya di Turki.

Hari ini, kebab döner biasanya dihidangkan sebagai sejenis sandwic dalam pita (roti leper). Kebab döner dengan salad dan sos dihidangkan dalam pita, yang mana cara ini popular di Jerman dan di merata-rata dunia, telah direka di Berlin-Kreuzberg pada 1971, kerana cara persediaan asalnya tidak menarik ke citarasa Jerman. Döner telah menjadi makanan segera yang termasyhur di Jerman sejak 1980-an.

Resep Cara Membuat Kebab Turki

Resep Cara Membuat Kebab Turki – Resep Cara Membuat Kebab Turki Untuk resep kali ini sepertinya Masyarakat Indonesia masih asing dengan Yang satu ini Yakni Kebab Turki, Yah Makanan ini Berasal dari Negri Teruki yang mana biasanya kita mengenal Martabak maka Kali ini kita akan mencoba Resep Cara Membuat Kebab Turki yang satu ini. di Tempat kami Makanan Kebab masih begitu asing Jadi jangan pernah berharap anda bisa menemukan Penjual Kebab Turki, Karena tidak mungkin ada,hehe
Dari situlah saya mencoba memposting tentang Resep Cara Membuat Kebab Turki ini agar nanti kita bisa sama-sama Memperaktekannya di Rumah masing-masing.

Selain itu Resep Cara Membuat Kebab Turki Kami juga telah memberikan Resep Yang tak kalah menarik pada kesempatan sebelumnya yakni Resep Masakan Acar Nanas. Nah tanpa membuang banyak waktu lagi mari langsung saja kita lihat Bahan dan Cara Pembuatan Kebab Turki di Bawah ini.

Resep Kebab Turki

Resep Cara Membuat Kebab Turki

Bahan-bahan kebab turki:

  • Tortila 1 buah
  • Margarin 1 sendok teh
  • Selada 25 gram, iris tipis
  • Timun 25 gram, iris tipis
  • Irisan daging kebab 50 gram (resep di bawah)
  • Saus tomat 1 sendok teh
  • Mayones 1 sendok makan
  • Tomat 25 gram, iris tipis

Cara membuat kebab turki:

  1. Letakkan tortila di atas piring, tata sayuran di tengah tortila dengan bentuk memanjang.
  2. Semprotkan saus tomat dan saus sambal di atas sayuran.
  3. Tambahkan daging kebab di atasnya, ratakan.
  4. Semprotkan mayones di atas daging, gulung dan padatkan.
  5. Panaskan margarin, panggang kebab turki hingga kecokelatan. Angkat.
  6. Sajikan.

Daging kebab turki

Bahan-bahan:

  • ½ kg daging sapi, iris melintang serat
  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • ½ sdt ketumbar
  • 100 cc yoghurt
  • 3 buah cabai merah
  • Garam dan lada secukupnya

Cara Membuat Kebab Turki :

  1. Pukul-pukul daging hingga agak melebar.
  2. Haluskan cabai merah, bawang putih, jahe dan ketumbar.
  3. Campurkan daging sapi dengan bumbu halus.
  4. Beri yoghurt, garam dan lada secukupnyDiamkan kurang lebih 10 menit.
  5. Setelah bumbu meresap, panggang sampai matang.